Jumat, 11 Januari 2013

pola hidup sehat bagi “Wanita"



Banyak riset yang membuktikan bahwa kesehatan manusia disumbang oleh 90% dari pola hidup dan makanan, serta sisanya yang 10% dari olahraga. Dibawah ini ada beberapa tips agar wanita hidup sehat :
Menjaga Hati :
1. Selalu Bersukacita. Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah akan    mengeringkan tulang"

2. “Hidup berpantang : Pantang Marah, Pantang Mengeluh, Pantang Bersedih, dan Pantang Menyerah “ Let’s be happy.

3. Berusahalah menjaga kebenaran dalam tingkah laku, pandai- pandailah memaafkan, mengendalikan lidah, bersahabatlah dengan orang-orang yang positif, dan katakan tentang sesuatu yang baik.

4. Hindari sikap negatif, jangan menyimpan sakit hati, jauhi kemarahan, kedengkian, iri hati, kebencian, kesombongan, ketakutan, kekhawatiran serta depresi.

5.Berhati mulia, seimbang Jasmani dan Rohani, yang penuh Ketulusan, yang penuh Kerendahan Hati, yang penuh Kesetiaan, yang penuh Empati, yang penuhTanggung Jawab, yang penuh Percaya Diri, yang penuh Kebesaran Jiwa, Easy Going & Positive Thinking !!!

6. Jujur dalam takaran pas, dermawan , dan berbakti kepada orang tua, sehingga hidup terasa damai dan bermakna…

Menjaga Fisik :
1. Cukupilah Kebutuhan Gizi secara seimbang dengan teratur

2. Hindari gorengan, karena tidak bagus dikonsumsi tubuh. Minyak yang dipakai menggoreng dipakai berulang-ulang, menyebabkan minyak menjadi jenuh karena teroksidasi. Makanan gorengan merupakan penyebab tertinggi aneka penyakit, mulai dari diabetes melitus, stroke, penyakit kardiovaskular, hingga kanker.

3. Perbanyak konsumsi daging, ikan yang hidup di laut dalam seperti salmon, tuna, sarden, makerel, dll serta makanan berserat.

4. Pertahankan Berat Badan Ideal. Minumlah air sebelum makan, sehingga akan mengurangi nafsu makan anda (untuk mengurangi kegemukan). Jika Anda minum setelah makan, minumlah teh-anget / air putih anget. Jangan teh-es / air es, karena Air ES akan membekukan makanan berminyak yang baru kita makan.

5. Jangan pernah lupa Sarapan Pagi (disarankan makan roti gandum atau havermout)

6. Makanlah tiga jam sebelum tidur. Itu waktu yang ideal. Jangan makan mendekati waktu tidur. Agar pencernaan bisa tetap sehat, jangan makan yang berlebihan, karena akan memicu naiknya asam lambung sehingga meng- ganggu kinerja lambung.

7. Makan Sayur dan Buah yang cukup. Minumlah sedikit madu, sedi kit anggur, sedikit minyak Zaitun Murni, dan makan havermout.

8. Minum Air minimal 8 gelas / hari. Agar distribusi air merata minum lah segelas air putih putih, sesaat sebelum / setelah sholat wajib, sholat sunnah, dan sebelum / sesudah makan.

9. Usahakan minum air galon yang original. Dengan banyak minum juga akan terhindar dari infeksi saluran kencing, radang sendi, kanker, dan penyakit jantung.

10. Bila anda memiliki anggaran lebih, minum juice setiap hari (pagi, siang dan malam), bila juice sayur, pilihlah sayuran berwarna merah dan hijau, bila buah pilihlah buah yang berwarna merah dan ungu. Konsumsi suplemen yang tepat bagi anda

11. Jaga kesehatan mulut dan gigi. Berkumurlah setelah Anda minum soda agar enamel atau lapisan gigi tidak terkikis oleh asam. Periksa gigi anda tiap 6 bln, karena gigi yang rontok, akan membuat wajah tampak tua.

12. Luangkanlah waktu untuk Diri Sendiri, dengan cream bath, berkebun, rekreasi, chatting, atau menyalurkan hobi. Berinteraksi langsung dengan orang amat penting untuk kesehatan mental, agar tidak stress. Penelitian menun- jukkan bahwa pria cenderung melepaskan kemarahan mereka, sementara wanita cenderung menyembunyi kannya. Kanker dapat menyerang semua orang, tetapi salah satu faktor yang paling umum ditemukan para peneliti sebelum kanker menyerang adalah “kurangnya penyaluran emosi”. Ibu rumah tangga memiliki kecen- derungan lebih besar terkena kanker dibanding para wanita yang bekerja di luar rumah.

13. Latihlah otak Anda secara kontinyu. Baca buku yang menarik, bermain puzzle, atau berolahragalah. Gunakan otak Anda agar tak mudah pikun,”

Istirahat / Tidur :
1. Cukup Istirahat. Hindari tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang. Semua ada porsinya

2. Usahakan tidur telentang, ini adalah posisi tidur paling baik, karena melawan gravitasi bumi. Kebiasaan posisi tidur miring atau tengkurap, membuat wajah Anda semakin tertarik ke bawah (hukum gavitasi menarik benda ke bawah).

3. Ketika tidur. Sebaiknya tidur tidak pakai bantal, agar memperlancar aliran oksigen kedalam otak, ( tidak ber laku  bagi yang sakit asma atau sakit jantung ). Tempatkan kaki dalam posisi yang lurus. Tujuannya juga agar siklus peredaran darah tetap lancar. Sedikit pijatan dikaki juga baik untuk melemaskan otot-otot Anda .

4. Saat bangun tidur, ketika terjaga, jangan buru-buru bangun, tunggu dulu 3 menit, lalu duduk di ranjang selama 3 menit, kemudian baru turunkan kedua kaki di kaki ranjang selama 3 menit, barulah bangun

5. Setelah bangun tidur, pertama-tama, usahakan minum air putih hingga 200-600cc, karena pagi hari adalah siklus pembuangan.

6. Setiap pagi berolah raga 30 menit, Tai Chi, atau Jalan Kaki, atau Brisk walking / jalan cepat 3 Km atau 30 menit.

7. Tidur Siang 30 menit. Sore hari setelah makan malam, berjalanlah pelan pelan selama 30 menit.

Hal lain :

8. Hindari rokok dan hindari dekat-dekat dengan perokok, minuman beralkohol atau bersoda, makan yang ber lebihan, jajan dipinggir jalan karena tidak tau dari mana sumber airnya

9. Perhatikanlah Kebersihan diri, rumah dan sekitar tempat tinggal

10. Periksakanlah Kesehatan Anda Secara Teratur, biasanya setiap Ulang Tahun, lakukan general medical check up.

11. Pertahankan kehidupan berohani anda sehingga hidup kian terarah dan pandai mensyukuri nikmat yang ada

12. Lindungi wajah anda dengan sunscream protection / sun block jika beraktifitas diluar rumah. Gunakan payung atau topi jika kena paparan sinar ultra violet langsung. Lengkapi mobil Anda dengan kaca UV filter

13.Memasak dirumah pun (kena uap saat menggoreng) harus pakai sun-block untuk menghindari penuaan dini.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Inside