Minggu, 04 Desember 2011

Melawan Rasa Bersalah

kita memang selalu merasa bersalah, nah ada beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk menghindarkan diri dari perasaan bersalah yang berlebihan yaitu :
1. SALAH ITU MANUSIAWI !
"setiap anak Adam adalah pembuat kesalahan, dan sabaik-baik orang yang bersalah adalah yang bertobat" (HR. Ibnu Majah). So siapun di atas bumi ini gak ada yang perfect, seratus persen bebas dosa! ada saja dosa yang kit alakuin . Entah itu Dosa kecil atau besar?? Malah semakin tinggi kedudukan seseorang makin besar juga godaan yang menerpa.

2. AKUI, JANGAN MENUTUPI ;)
Gak ada untungnya menutupi perbuatan jelek yang kita kerjakan. Segera akui dan jauhkan berbohong. Toh, Maha Mengetahui segala perbuatan kita percuma a=saja menutup-nutupinya.
Seadainya perbuatan itu menyangkut urusan dengan orang lain, segera datangi dan mintalah maaf padanya. Meski mungkin akan terasa pait. Itu adalah harga kesalahan yang pernah kita kerjakan. Insya Allah perasaan kamu akan lebih lega setelah mengakui kesalahan tersebut, dan Allah pun akan tersnyum padamu.

3. DON'T WORRY , ALLAH ITU MAHA PENGAMPUN
Pernah denger cerita pembunuh kejam yang sudah menghabisi 99 nyawa lalu bertobat? Kalau belum ada baiknya kamu buka buku Riyadush Shalihin bab Niat. Rasulullah saw bercerita kalau sang pembunuh itu kemudian bertobat meski korbannya bertambah seorang lagi, total menjadi 100 jiwa. Namun Allah tetap membuka pintu ntobat. Malah, Allah teramat senang pada hamba-hambanyaNYa yang kembali ke Jalan-Nya.
Janganlah emnghakimi diri kita sendiri dengan berbagai perasaan bersalah, Padahal Allah bukan Zat yang dzalim, yang menutup kebaikan bagi kita, hambaNya. Selalu ada jalan Nya selama ajal belum menjemput dan dunia sudah berakhir.
"Siapa bertobat sebelum matahari terbit dari barat Allah menerima tobatnya"

4. TUTUPI DNEGAN AMAL SHALEHA
Ibarat tabungan, berbuat dosa berarti mengurangi tbaungan kita. Sedangkan berbuat baik adalah mengisinya kembali. Maka seusai menyadari kekeliruan kita, segeralah isi kembali tabungan itu dengan berbagai kebaikan agar tabungan kita tidka terkuras.

5. JADIKAN PELAJARAN, BUKAN KENANGAN
Bahwa berbuat salah itu pahit adalah jelas. Tapi kesalahan akan berarti positif bagi kita jika dijadikan sebagai pelajaran . Dari kesalahan yang pernah terjadi, kita semakin sadar betapa pahitnya dan mahalnya harga sebuah kesalahan. Keledai tidak akan terperosok pada lubang sama dua kali :). Dengan tetap berfikir positif kita semakin benci pada perbuatan dosa dan semakin kuat juga keinginan untuk jadi orang yang benar ;)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Inside