Minggu, 04 Desember 2011

Mengapa Harus ada Duka?

Sobat, gak ada satupun kejadian dan penciptaan di alam dunia ini yang sia-sia. Bukan tanpa alasan Allah Swt memberikan kita aneka musibah. Meski tentu saja, ada musibah yang seketika bisa kita ambil hikmahnya, ada juga yang terkadang kita belum bisa memahaminya. Renungankanlah sekurang-kurangnya ada beberapa alasan mengapa Allah memberikan musibah kepada kita :
1. AGAR SADAR BAHWA KITA ADALAH MANUSIA
Dengan adanya rasa sakit, semoga kita semua sadar betul bila daya tahan manusia itu terbatas. Setinggi apapun keinginan kita, suatu waktu kita harus sadar banyak hal yang gak bisa ditolak oleh manusia. Walau kamu rajin olahraga, minum vitamin, makan teratur, datangnya sakit tetap gak bisa kita tolak ! :)
orang yang berjiwa positif akan berfikir sifat manusia yang lemah. Serba terbatas, serba kekurangan, dan butuh bantuan orang lain. Hatinya akan menjadi halus dan tabah. Ia akan semakin tunduk pada kekuasaan Allah. Sikap sombong, takabur, dan keras kepala pun akan sirna.

2. UJI KETABAHAN BAGI KITA :)
"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, keurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berikta gembira kepada orang-orang yang sabar." (albaqarah:155).
Sesungguhnya Ending dari kehidupan kita bukanlah di dunia, tapi di akhirat. Itulah balasan yang sesunggunya bagi kita. Jadi manakala kita menghadapi berbagai musibah, tetaplah kukuh. Jadikan dirimu setegar batu karang. Karena Allah tengah mempersiapkan berbagai ganjaran pengahragaan atas ketabahanmu.
"Sesungghunya akan dibalas (kebaikan) orang-orang yang bersabar dengan tanpa batas." (Az-zumar:10)
Sering yang membuat hidup ini terasa sulit adalah pikiran dan perasaan kita sendiri. Bukan orang lain juga bukan keadaan kita. Tengoklah ke sekeliling kita, betapa banyak orang yang masih bisa tersenyum walau didera kesusahan.

3. SEBAGAI PELAJARAN
Melarikan diri dari kegagaln atau musibah tidaklah menyelesaikan masalah. padahal, tidaklah Allah emnciptakan kegagalan dan musibah melainkan ada hikmahnya. Dalam setiap musibah ada pelajaran yang bisa kita petik., baik untuk perbaikan di masa mendatang maupun nuntuk bisa kita hindari kelak.

4. MENGHAPUS KESALAHAN
Jangan terlalun bersedih saat duka menderamu. Tetaplah bersabar. Pada saat itu diam-diam Allah tengah menghapus segala kesalahan-kesalahan kita. Musibah adalah cara BagiNya untuk menghilangka berbagai kesalahan kita. Andai kepedihan hati itu kita balas dnegan keteguhan hati, maka berguguranlah dosa-dosa yang lalu.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Inside