Sabtu, 03 Desember 2011

Pikiran dan Emosimu

nah, sekarang giliran ngomongin soal pengaruh pikiran pada emosi manusia. Meenurut para ahli medis dan psikolog pikiran juga mempengaruhi emosi dan juga kesehatan kita. Mereka yang sering marah-marah mudah banget terkena gangguan kesehatan seperti depresi, gangguan kejiwaan, hipertensi, jantung, asma, ataupun kecanduan narkoba.Begitupun marah juga mengandung manfaat. Hasil penelitian Insttute for Mental Health Inisiatives mengungkapkan bahwa marah bisa berarti sehat. Bahkan,lebih sehat ketimbang memendam perasaan jengkel. Kuncinya, pengelolaan secara sehat, yaitu dengan oengendalian yang baik, pilih waktu yang tepat dan jangan berlebihan. Jadi kalau mau marah-marah ya mesti cari waktu dan cara yang oke. kalau enggak bukannya sehat malah semaput =D
orang yang mengalami kesedihan kronis, pesimisme yang berkepanjangan ketegangan yang tidak kunjung mereda atau permusuhan yang tak henti-hentinya, sinisme atau kecurigaan yang tak putus-putus ternyata beresiko dua kali lipat terserang penyakit-penyakit asma, artritis, sakit kepala, tukak lambung, dan penyakit lambung. wuiiiiiiiiiihhhhhhhhhh serem !
sebaliknya, nahagia cukup tertawa adalah baik untuk kesehatan . dibawah ini saya cuplikan sejumlah manfaat tertawa untuk kesehatan kita dari Tabloid :
1. Tawa itu meringankan rasa khawatir.
2. Tawa itu mengurangi rasa ingin sendiri
3. Tawa mengurangi agresi dan konflik
4. Sistem kekebalan tubuh jadi lebih kuat dengan tertawa
5. Tertawa adalah sumber latihan jantung yang sehat, khusunya bagi orang yang telah berusia lanjut
6. Kesehatan Mental kita menjadi lebih baik dengan tertawa. Stress berkurang, dan sikap positif meningkat :)
7. Semua orang bisa tertawa. Manusia dilahirkan dengan bakat untuk tertawa.

Ternyata, alat kontrol itu semua adalah kekuatan pikiran kita sendiri. Kalau kita bisa mengalahkan berbagai pikiran negatif dan menggantikannya dnegan pikiran positif maka kita akan sehat lahir batin :D
sepanjang kita bisa mengendalikan pikiran dengan hal-hal positif , maka selama itu pula kita bakalan merasakan hidup yang bahagia . gampang kan ?? :)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Inside